Interferometry

Astronom radio telah belajar bagaimana mengatasi keterbatasan resolusi pada teleskop radio dengan interferometry, yaitu menggunakan dua teleskop untuk mengamati obyek yang sama dalam waktu yang sama pula. Beam dari dua teleskop membentuk fringe pattern di langit, yaitu pola gelap terang akibat interferensi. Akibat rotasi bumi, pola ini akan menyapu area langit. Jika suatu obyek langit memancarkan gelombang radio dan tersapu oleh pola ini, maka dari dua teleskop tersebut akan didapat pola sinyal yang naik turun terhadap waktu pengamatan ketika sinyal dari masing-masing teleskop di tambahkan (atau dikalikan).

Bentuk sinyal interferensi yang diterima oleh dua teleskop yang melakukan pengamatan secara simultan. (a) Constructive Interference, obyek pemancar berada tepat diatas dua teleskop sehingga sinyal akan ditangkap secara bersamaan. (b) Destructive Interference, sinyal datang agak kesamping dari titik tegak lurus baseline sehingga sinyal tidak datang secara bersamaan dengan jarak delay setengah lambda. (c) Constructive Interference  akan kembali terjadi jika jarak delay sebesar kelipatan lambdanya. Sumber: Bradt, Astronomy Method.

Masing – masing teleskop dengan jarak baseline (jarak dan orientasi antar teleskop) dapat dinyatakan sebagai titik plot pada suatu bidang 2-D (Fourier Plane) yang biasa dinyatakan dalam x-y. Sinyal yang diterima masing-masing titik dinyatakan sebagai visibility function,V(b),  yang menjadi salah satu komponen dalam ruang fourier sebagai distribusi kecerlangan langit.

Dengan memanfaatkan rotasi bumi, masing – masing titik akan bergeser dalam bidang fourier dan mengisi daerah -daerah kosong dalam bidang fourier tersebut.  Dari transformasi fourier dari fungsi visibilitas diatas didapat nilai pendekatan dari kecerlangan langit. Teknik ini disebut Apperture Synthesis.

Sumber: Bradt, Astronomy Method

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.