Drupal 7 Google Custom Search

Google Custom Search adalah feature dari Google yang memungkinkan kita menambahkan searchbox pada website kita dimana hasil dari search akan diambil dari databasenya Google dan ditampilkan didalam halaman website kita.

Untuk kasus saya ketika menggunakan Drupal 7, idenya adalah menambahkan searchbox di bagian header website dan menampilkan hasilnya di halaman search.

Konsepnya buat form search-box di bagian header dan redirect hasilnya beserta kata yang dicari ke halaman search.

Pada halaman search, ambil kata kunci yang dicari menggunakan $_GET  . Masukkan juga script yang disediakan google di halaman search. Jangan lupa setting variable yang dipakai oleh kata kunci yang dicari. Biasanya google menggunakan variable q .

Sebelumnya buat content baru dengan type Basic page. Masukkan title Search dan kosongkan isinya.  Setelah itu buat template khusus untuk content ini.

Bagusnya drupal, kita bisa membuat template khusus untuk node atau content tertentu. Dalam kasus ini, buat file template dengan format page–node–[nomor node].tpl.php . Nomor node disesuaikan dengan nomor node dari content yang kita buat untuk halaman search.

Dan Selesai…!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.