Cloudways atau CloudPanel

Cloudways adalah layanan cloud hosting berbasis VPS dimana kita bisa pilih sendiri VPS nya mau pakai layanan dari DigitalOcean, Vultr, AWS, atau yang lain.

Kita bisa host banyak aplikasi yang kebanyakan berbasis PHP dan menyambungkannya dengan domain yang berbeda beda tiap aplikasi.

Settingan PHP nya juga bisa dilakukan per-aplikasi dengan PHP -FPM nya. jadi sangat memudahkan sekali bagi kita yang pengen nge-host banyak aplikasi di satu VPS yang sesuai selera kita.

Sejauh ini layanan cloudways sangat membantu dan gak pernah ada masalah.

Tapi, beberapa hari lalu saya menemukan Cloudpanel, yaitu aplikasi untuk manage VPS yang mirip dengan Cloudways tapi kita hosting internal di VPS kita, walaupun tidak selengkap Cloudways tetapi sudah cukup untuk kebutuhan hosting saya.

Jadi cloudpanel ini diinstall di VPS kita dimana fungsinya untuk memanage VPS agar bisa hosting banyak aplikasi. Bisa PHP ataupun Node JS.

Di DigitalOcean ada marketplace yang bisa bikin droplet sekalian dengan CloudPanel nya, jadi tinggal click dan jadi.

Untuk coba-coba lumayan, bisa menghemat biaya layanan yang biasa dipakai untuk bayar cloudways. Tapi ada biaya lain yaitu waktu dan tenaga kita untuk maintenance sendiri VPS nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.