Tag Archives: android

Release aplikasi Android ke-2: Mengenal Suara Hewan

Aplikasi kedua akhirnya release juga. Aplikasi ini mungkin lebih menyasar ke lebih banyak pengguna daripada sebelumnya. Kalau sebelumnya mungkin cuma yang mempunyai minat terhadap astronomi, sedangkan aplikasi ini lebih menyasar orang umum yang memiliki anak kecil.

Aplikasi ini bernama mengenal suara hewan. Idenya berawal dari kami di rumah yang bermain tebak-tebakan sama anak yang masih berusia 2 tahun tentang suarah hewan. Kami menyebut nama hewan dan anak akan menirukan suara sesuai hewan yang disebutkan. Atau kami menirukan suara hewan, dan anak menyebutkan nama hewannya.

Aplikasi ini sangat simple. Hanya menampilkan gallery foto hewan dan ketika di sentuh, akan mengeluarkan suara sesuai nama hewan-nya.

Foto-foto dan suara saya kumpulkan dari internet yang memiliki lisensi public domain, sehingga boleh digunakan kembali dan dimodifikasi.

Berikut screenshotnya:

 

Dan kalau ada yang mau iseng nyoba, bisa diunduh aplikasinya di bawah ini:
Get it on Google Play

Aplikasi Android Sedarhana Pertama

Seneng sekali akhirnya satu aplikasi yang sangat sederhana sekali selesai. Ini aplikasi Android pertama saya dan yang pertama juga saya upload di Google Play.

Tujuan saya upload aplikasi yang sebenarnya mungkin terlalu simple untuk diupload di google play adalah untuk mencari tau seperti apa sih tahap atau langkah dari membuat aplikasi android itu sampai bisa muncul di Google Play. Dan rasanya senang ketika aplikasi itu muncul di Google Play.

Harapan saya terhadap aplikasi ini sebenarnya gak terlalu besar, supaya diinstall banyak orang, dll. Tetapi lebih kepada untuk mendapat gambaran utuh dari suatu pengembangan aplikasi sampai launch di market.

Biarkan aplikasi itu sementara ada di Google Play, sambil mengembangkannya.

Ada beberapa yang kebayang tentang seperti apa pengembangannya kedepan, feature apa yang akan ditambahkan, dll.

Bagi yang penasaran aplikasinya seperti apa, ini dia

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.alfannas.astrotips

Flashing Andorid di Lenovo P770

Setelah beberapa hari terakhir merasa sedikit putus asa dengan kapasitas storage internal yang semakin kritis walaupun baru diinstall beberapa aplikasi saja, membuat saya mencari-cari solusinya. Yang pasti, solusi membeli baru adalah solusi yang saya tangkis sejak awal.

Setelah menelusuri jagat maya, ternyata saya tidak sendirian yang mengalamai masalah tersebut. Jadi ingat kata-kata teman saya bahwa masalah yang kita hadapi itu sebenarnya orang lain sudah pernah mengalaminya dan sudah ada solusinya di internet (waktu itu sedang membahas masalah programming).

Jadi solusi yang saya pilih adalah Flashing (install ulang android) dengan ROM baru dengan setting storage internal jauh lebih lega. Walaupun saya sudah hampir dua tahun pegang android, tapi saya jarang ngoprek android. Selama masih memenuhi kebutuhan, saya tidak otak-atik android. Kekhawatiran pemula adalah takut gagal dan resiko terburuknya adalah HP matot, tapi akhirnya saya ambil resiko itu.

Setelah mengikuti step-step flashing untuk P770 ini, akhirnya HP berhasil hidup lagi dengan OS android fresh dan memory internal lebih besar, wah senang sekali. Walaupun sudah diinstall aplikasi yang kira-kira sama dengan sebelumnya, memory internalnya baru kepake kurang dari setengahnya.

Akhirnya, Antipapernote sudah berhasil diupgrade ke versi PRO

Antipapernote adalah aplikasi android faforit saya di TPT. Aplikasi ini digunakan untuk menulis dengan tangan menggunakan pen digital atau dengan jari, *tapi agak susah juga nulis dengan jari. Aplikasi ini punya dua versi, yang free dengan dibatasi jumlah halaman yang bisa dicoret-coret maksimal 5 halaman, tidak ada eksplorer untuk mengeksplore catatan-catatan yang dibuat, ada tambahan fitur tebal tulisan. Sedangkan versi PRO dengan manambahkan fasilitas yang tidak ada di versi free yang telah disebutkan sebelumnya.

Menulis dengan tangan dan pen itu feelnya beda daripada dengan mengetik :). Kemudian ciri khas tulisan masih bisa dibedakan atau dikenali dari bentuk tulisan yang dibuat. kalau mengetik kan tidak bisa dibedakan dari bentuk tulisannya, walaupun masih bisa mungkin dari gaya bahasa penulisannya.

Dengan menulis dengan pen digital di sabak digital, kita sudah menggabungkan keunggulan digital yang bisa diduplikat, diatur, dicari kembali dengan mudah, tidak mengenal tempat dan waktu, bisa disimpan dalam cloud, mengurangi resiko bencana, dan keunggulan menulis dengan pena(bagi yang merasa itu unggul) :).

Selamat berkarya!