Tag Archives: android

Blog referensi konten-konten islam

Sejak hari Jumat kemarin (16 Maret 2018) saya pindahkan konten-konten islami ke blog tersendiri di sini http://islam.alfannas.com. Pemindahan ini berkaitan dengan rencana jangka panjang saya yang ingin membuat applikasi Android berkonten islami kedepan.

Salah satu aplikasi android berkonten islami yang sudah saya rencanakan adalah kumpulan Doa yang ada di Al-Qur’an dan Hadis.

Memangnya belum ada aplikasi android kumpulan doa dari Al-Qur’an dan Hadis?. Ada, banyak di Play store, tapi saya ingin buat sendiri, rasanya lebih puas dan bisa menambahkan fitur yang saya inginkan.

Salah satu fitur yang saya ingin ada di app itu adalah fitur untuk mengelompokkan doa berdasarkan kategori keinginan kita. Misal kumpulan doa setelah sholat. Orang yang satu dan yang lainnya kan bisa berbeda preferensi doanya yang mana saja yang ingin dibaca, nah disini saya ingin pengguna bisa memilih doa mana saja yang ingin dimasukkan ke kategori mana saja yang sudah dibuat.

Untuk membuat app doa kan butuh data doa-doa, nah disini saya mulai mengumpulkan doa yang ada di Al-Qur’an dan Hadis, kemudian saya kumpulkan di http://islam.alfannas.com . Pengennya ada keterangan juga seperti asbabun nuzul atau latar belakang munculnya Doa tersebut, misalnya doa tersebut diucapkan oleh Nabi siapa, dalam kondisi apa, trus terkait dengan apa, dsb. Kalau ada informasi ini kan menarik dan kita lebih meresapi maknanya.

Ketika nanti sudah terkumpul cukup di http://islam.alfannas.com, baru nanti lanjut ke app android nya.

Sementara saat ini app dari Waluku Studio yang berkaitan dengan konten islam di play store sudah ada dua yaitu Yasin dan Tahlil kemudian yang satunya Mizwandroid

Semoaga app kumpulan doa ini bisa cepat terealisasi dan memberikan manfaat ke banyak pengguna.. aamiin.

Release app: Astroquiz – Game kuis bertemakan Astronomi berbahasa Indonesia

Aplikasi yang telah dirilis oleh Waluku Studio kali ini tentang permainan kuis. Tema yang dipilih adalah tentang Astronomi.

Materi kuis terdiri dari berbagai topik dalam Astronomi seperti Bintang, Kosmologi, Tata Surya, hingga Astronomi Populer. Pengguna tinggal pilih topik mana yang ingin dimainkan.

Jumlah pertanyaan yang ada sampai tulisan ini dibuat ada sekitar 60 pertanyaan. Jumlah pertanyaan ini akan terus bertambah dan pengguna tidak perlu install ulang aplikasi, karena pertanyaan akan tersinkronisasi secara otomatis dengan server. Oleh karena itu, dibutuhkan koneksi internet ketika membuka aplikasi untuk sinkronisasi pertanyaan kuis.

Selain menjawab pertanyaan pada kuis, kita juga bisa mendapat wawasan baru tentang Astronomi. Beberapa pertanyaan kuis memiliki penjelasan tentang jawaban yang benar.

Beberapa pertanyaan kuis mungkin sangat populer karena sering ditanyakan tiap tahun karena terkait dengan berita hoax yang beredar di masyarakat.

Bagi yang tertarik untuk mencoba bisa langsung ke link google play berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.walukustudio.astroquiz

Tahun Baru, Release App Baru

Dulu ketika mengoperasikan teropong di Observatorium Bosscha, pasti akan menulis di sebuah logbook. Yang ditulis berupa informasi apa aja yang terjadi selama pengamatan. Dimulai dengan membuka atap atau kubah teropong, menyalakan system teleskop, mengganti lensa okuler (eyepiece), kondisi cuaca tiap saat terupdate, dll. Semuanya ditulis lengkap dengan informasi jam-nya untuk setiap item.

Berawal dari aktifitas nge-logbook itu akhirnya kepikiran buat app ini. Kegunaannya sangat simple, cuma buat menulis log, nanti informasi tanggal dan jam akan ditambahkan secara otomatis untuk masing2 log. Kalau log diupdate maka akan ada informasi waktu kapan log itu diupdate. Log-log yang sudah kita tulis bisa di-export ke CSV file atau share ke WhatsApp, email, dll.

Selain itu bisa juga buat nulis log harian, misal untuk catat progress project yang kita kerjakan atau kerjaan lain sehari-hari yang perlu kita catat progressnya. Bisa juga buat nyatet progress belajar misal kita sedang belajar tentang suatu hal.

Sebenarnya ada banyak app serupa di play store, tapi ada aja yang kurang sreg, misal tampilannya kurang cocok, ada fitur yang gak ada padahal perlu dan ada juga yang firunya banyak dan mewah tapi gak perlu dan bikin berat. macem-macem.

Fitur Lognote:
  • Nulis Log dan Note dengan timestamp otomatis
  • Export log ke file CSV
  • Share Log dan Note ke WhatsApp, Email, Google Drive dll.
  • Search Log dan Note

Screenshot

Release Aplikasi Android ke-3: Yasin dan Tahlil, Kumpulan Doa, Surat-Surat pendek

Posting kali ini terkait cerita aplikasi android ke-3 yang saya buat.  Aplikasi ini bernama Yasin dan Tahlil. Aplikasi ini dibuat menggunakan tool Android Studio menggunakan bahasa pemrograman JAVA.

Yang membedakan aplikasi ini dengan kebanyakan aplikasi sejenis di google play store yaitu pada metode menyimpan data aplikasinya. Kalau aplikasi sejenis kebanyakan disimpan dalam format html sedangkan aplikasi ini menyimpan text datanya dalam format plain string di database.

Kebanyakan aplikasi sejenis yang saya temui di play store menggunakan webview untuk menampilkan data atau text arab. Metode seperti ini, pengalaman saya, relatif lebih lama loadingnya ketika aplikasi dibuka.

Dalam aplikasi ini tersedia Surat Yasin yang dilengkapi dengan text arab, transliterasi bahasa indonesia, dan terjemahan bahasa indonesia. Selain itu ada kumpulan doa pilihan, surat-surat pendek, tata cara  sholat jenazah dan sholat ghoib.

Screenshot:

Yang pengen mencoba aplikasi Yasin dan Tahlil, bisa dibuka di link berikut:

Get it on Google Play

Release aplikasi Android ke-2: Mengenal Suara Hewan

Aplikasi kedua akhirnya release juga. Aplikasi ini mungkin lebih menyasar ke lebih banyak pengguna daripada sebelumnya. Kalau sebelumnya mungkin cuma yang mempunyai minat terhadap astronomi, sedangkan aplikasi ini lebih menyasar orang umum yang memiliki anak kecil.

Aplikasi ini bernama mengenal suara hewan. Idenya berawal dari kami di rumah yang bermain tebak-tebakan sama anak yang masih berusia 2 tahun tentang suarah hewan. Kami menyebut nama hewan dan anak akan menirukan suara sesuai hewan yang disebutkan. Atau kami menirukan suara hewan, dan anak menyebutkan nama hewannya.

Aplikasi ini sangat simple. Hanya menampilkan gallery foto hewan dan ketika di sentuh, akan mengeluarkan suara sesuai nama hewan-nya.

Foto-foto dan suara saya kumpulkan dari internet yang memiliki lisensi public domain, sehingga boleh digunakan kembali dan dimodifikasi.

Berikut screenshotnya:

 

Dan kalau ada yang mau iseng nyoba, bisa diunduh aplikasinya di bawah ini:
Get it on Google Play