Tag Archives: android

Tahun Baru, Release App Baru

Dulu ketika mengoperasikan teropong di Observatorium Bosscha, pasti akan menulis di sebuah logbook. Yang ditulis berupa informasi apa aja yang terjadi selama pengamatan. Dimulai dengan membuka atap atau kubah teropong, menyalakan system teleskop, mengganti lensa okuler (eyepiece), kondisi cuaca tiap saat terupdate, dll. Semuanya ditulis lengkap dengan informasi jam-nya untuk setiap item.

Berawal dari aktifitas nge-logbook itu akhirnya kepikiran buat app ini. Kegunaannya sangat simple, cuma buat menulis log, nanti informasi tanggal dan jam akan ditambahkan secara otomatis untuk masing2 log. Kalau log diupdate maka akan ada informasi waktu kapan log itu diupdate. Log-log yang sudah kita tulis bisa di-export ke CSV file atau share ke WhatsApp, email, dll.

Selain itu bisa juga buat nulis log harian, misal untuk catat progress project yang kita kerjakan atau kerjaan lain sehari-hari yang perlu kita catat progressnya. Bisa juga buat nyatet progress belajar misal kita sedang belajar tentang suatu hal.

Sebenarnya ada banyak app serupa di play store, tapi ada aja yang kurang sreg, misal tampilannya kurang cocok, ada fitur yang gak ada padahal perlu dan ada juga yang firunya banyak dan mewah tapi gak perlu dan bikin berat. macem-macem.

Fitur Lognote:
  • Nulis Log dan Note dengan timestamp otomatis
  • Export log ke file CSV
  • Share Log dan Note ke WhatsApp, Email, Google Drive dll.
  • Search Log dan Note

Screenshot

Release Aplikasi Android ke-3: Yasin dan Tahlil, Kumpulan Doa, Surat-Surat pendek

Posting kali ini terkait cerita aplikasi android ke-3 yang saya buat.  Aplikasi ini bernama Yasin dan Tahlil. Aplikasi ini dibuat menggunakan tool Android Studio menggunakan bahasa pemrograman JAVA.

Yang membedakan aplikasi ini dengan kebanyakan aplikasi sejenis di google play store yaitu pada metode menyimpan data aplikasinya. Kalau aplikasi sejenis kebanyakan disimpan dalam format html sedangkan aplikasi ini menyimpan text datanya dalam format plain string di database.

Kebanyakan aplikasi sejenis yang saya temui di play store menggunakan webview untuk menampilkan data atau text arab. Metode seperti ini, pengalaman saya, relatif lebih lama loadingnya ketika aplikasi dibuka.

Dalam aplikasi ini tersedia Surat Yasin yang dilengkapi dengan text arab, transliterasi bahasa indonesia, dan terjemahan bahasa indonesia. Selain itu ada kumpulan doa pilihan, surat-surat pendek, tata cara  sholat jenazah dan sholat ghoib.

Screenshot:

Yang pengen mencoba aplikasi Yasin dan Tahlil, bisa dibuka di link berikut:

Get it on Google Play

Release aplikasi Android ke-2: Mengenal Suara Hewan

Aplikasi kedua akhirnya release juga. Aplikasi ini mungkin lebih menyasar ke lebih banyak pengguna daripada sebelumnya. Kalau sebelumnya mungkin cuma yang mempunyai minat terhadap astronomi, sedangkan aplikasi ini lebih menyasar orang umum yang memiliki anak kecil.

Aplikasi ini bernama mengenal suara hewan. Idenya berawal dari kami di rumah yang bermain tebak-tebakan sama anak yang masih berusia 2 tahun tentang suarah hewan. Kami menyebut nama hewan dan anak akan menirukan suara sesuai hewan yang disebutkan. Atau kami menirukan suara hewan, dan anak menyebutkan nama hewannya.

Aplikasi ini sangat simple. Hanya menampilkan gallery foto hewan dan ketika di sentuh, akan mengeluarkan suara sesuai nama hewan-nya.

Foto-foto dan suara saya kumpulkan dari internet yang memiliki lisensi public domain, sehingga boleh digunakan kembali dan dimodifikasi.

Berikut screenshotnya:

 

Dan kalau ada yang mau iseng nyoba, bisa diunduh aplikasinya di bawah ini:
Get it on Google Play

Aplikasi Android Sedarhana Pertama

Seneng sekali akhirnya satu aplikasi yang sangat sederhana sekali selesai. Ini aplikasi Android pertama saya dan yang pertama juga saya upload di Google Play.

Tujuan saya upload aplikasi yang sebenarnya mungkin terlalu simple untuk diupload di google play adalah untuk mencari tau seperti apa sih tahap atau langkah dari membuat aplikasi android itu sampai bisa muncul di Google Play. Dan rasanya senang ketika aplikasi itu muncul di Google Play.

Harapan saya terhadap aplikasi ini sebenarnya gak terlalu besar, supaya diinstall banyak orang, dll. Tetapi lebih kepada untuk mendapat gambaran utuh dari suatu pengembangan aplikasi sampai launch di market.

Biarkan aplikasi itu sementara ada di Google Play, sambil mengembangkannya.

Ada beberapa yang kebayang tentang seperti apa pengembangannya kedepan, feature apa yang akan ditambahkan, dll.

Bagi yang penasaran aplikasinya seperti apa, ini dia

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.alfannas.astrotips

Flashing Andorid di Lenovo P770

Setelah beberapa hari terakhir merasa sedikit putus asa dengan kapasitas storage internal yang semakin kritis walaupun baru diinstall beberapa aplikasi saja, membuat saya mencari-cari solusinya. Yang pasti, solusi membeli baru adalah solusi yang saya tangkis sejak awal.

Setelah menelusuri jagat maya, ternyata saya tidak sendirian yang mengalamai masalah tersebut. Jadi ingat kata-kata teman saya bahwa masalah yang kita hadapi itu sebenarnya orang lain sudah pernah mengalaminya dan sudah ada solusinya di internet (waktu itu sedang membahas masalah programming).

Jadi solusi yang saya pilih adalah Flashing (install ulang android) dengan ROM baru dengan setting storage internal jauh lebih lega. Walaupun saya sudah hampir dua tahun pegang android, tapi saya jarang ngoprek android. Selama masih memenuhi kebutuhan, saya tidak otak-atik android. Kekhawatiran pemula adalah takut gagal dan resiko terburuknya adalah HP matot, tapi akhirnya saya ambil resiko itu.

Setelah mengikuti step-step flashing untuk P770 ini, akhirnya HP berhasil hidup lagi dengan OS android fresh dan memory internal lebih besar, wah senang sekali. Walaupun sudah diinstall aplikasi yang kira-kira sama dengan sebelumnya, memory internalnya baru kepake kurang dari setengahnya.