Category Archives: Android

Android Studio : Membuka intent activity melalui menu preferences

Langsung singkat saja, berikut adalah syntax untuk memanggil activity melalui preference:

kuncinya ada di targetPackage dan targetClass

Untuk membuka activity baru dari click pada navigation menu dan atau navigation drawer, caranya berbeda lagi.

Release app: Astroquiz – Game kuis bertemakan Astronomi berbahasa Indonesia

Aplikasi yang telah dirilis oleh Waluku Studio kali ini tentang permainan kuis. Tema yang dipilih adalah tentang Astronomi.

Materi kuis terdiri dari berbagai topik dalam Astronomi seperti Bintang, Kosmologi, Tata Surya, hingga Astronomi Populer. Pengguna tinggal pilih topik mana yang ingin dimainkan.

Jumlah pertanyaan yang ada sampai tulisan ini dibuat ada sekitar 60 pertanyaan. Jumlah pertanyaan ini akan terus bertambah dan pengguna tidak perlu install ulang aplikasi, karena pertanyaan akan tersinkronisasi secara otomatis dengan server. Oleh karena itu, dibutuhkan koneksi internet ketika membuka aplikasi untuk sinkronisasi pertanyaan kuis.

Selain menjawab pertanyaan pada kuis, kita juga bisa mendapat wawasan baru tentang Astronomi. Beberapa pertanyaan kuis memiliki penjelasan tentang jawaban yang benar.

Beberapa pertanyaan kuis mungkin sangat populer karena sering ditanyakan tiap tahun karena terkait dengan berita hoax yang beredar di masyarakat.

Bagi yang tertarik untuk mencoba bisa langsung ke link google play berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.walukustudio.astroquiz

Release Aplikasi Pencari Arah Kiblat Mizwandroid

Aplikasi kali ini yaitu tentang atau bertema navigasi. Feature sensor yang ada di sebagian besar ponsel pintar Android dicoba dimanfaatkan untuk menentukan arah kiblat.

Selain itu, kamera juga digunakan untuk menampilkan efek augmented reality atau kalau diterjemakna secara kata-nya yaitu kenyataan yang ditambahkan. Efek nyata yang diambil dari kamera ditambahkan dengan gambar kabah ketika kamera atau ponsel pintar kita diarahkan ke arah yang berdasarkan pembacaan sensor adalah arah kiblat.

Sebenarnya sudah banyak aplikasi serupa, yaitu menentukan arah kiblat berdasarkan sensor kompas yang ada di sensor pintar, namun yang membedakan pada aplikasi ini adalah fitur kalibrasi penunjuk arah sensor dengan posisi matahari atau bulan.

Secara perhitungan, posisi bulan dan matahari bisa ditentukan menggunakan data koordinat pengamat dalam hal ini posisi ponsel pintar. Dari sini diketahui posisi ketinggian dan azimuth matahari atau bulan.

Saat ponsel pintar diarahkan ke matahari misalnya, disitu akan ada pembacaan arah kamera dalam satuan azimuth dan ketinggian. Ketika ponsel diarahkan ke matahari, harusnya hasil pembacaan sensor sama dengan posisi matahari hasil dari perhitungan. Nah, selisih inilah yang menjadi nilai koreksi dari nilai pembacaan sensor dari ponsel pintar terhadap arah.

yang tertarik ingin mencobanya, bisa diunduh di play store:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.walukustudio.mizwandroid

Tahun Baru, Release App Baru

Dulu ketika mengoperasikan teropong di Observatorium Bosscha, pasti akan menulis di sebuah logbook. Yang ditulis berupa informasi apa aja yang terjadi selama pengamatan. Dimulai dengan membuka atap atau kubah teropong, menyalakan system teleskop, mengganti lensa okuler (eyepiece), kondisi cuaca tiap saat terupdate, dll. Semuanya ditulis lengkap dengan informasi jam-nya untuk setiap item.

Berawal dari aktifitas nge-logbook itu akhirnya kepikiran buat app ini. Kegunaannya sangat simple, cuma buat menulis log, nanti informasi tanggal dan jam akan ditambahkan secara otomatis untuk masing2 log. Kalau log diupdate maka akan ada informasi waktu kapan log itu diupdate. Log-log yang sudah kita tulis bisa di-export ke CSV file atau share ke WhatsApp, email, dll.

Selain itu bisa juga buat nulis log harian, misal untuk catat progress project yang kita kerjakan atau kerjaan lain sehari-hari yang perlu kita catat progressnya. Bisa juga buat nyatet progress belajar misal kita sedang belajar tentang suatu hal.

Sebenarnya ada banyak app serupa di play store, tapi ada aja yang kurang sreg, misal tampilannya kurang cocok, ada fitur yang gak ada padahal perlu dan ada juga yang firunya banyak dan mewah tapi gak perlu dan bikin berat. macem-macem.

Fitur Lognote:
  • Nulis Log dan Note dengan timestamp otomatis
  • Export log ke file CSV
  • Share Log dan Note ke WhatsApp, Email, Google Drive dll.
  • Search Log dan Note

Screenshot

Release Aplikasi Android ke-3: Yasin dan Tahlil, Kumpulan Doa, Surat-Surat pendek

Posting kali ini terkait cerita aplikasi android ke-3 yang saya buat.  Aplikasi ini bernama Yasin dan Tahlil. Aplikasi ini dibuat menggunakan tool Android Studio menggunakan bahasa pemrograman JAVA.

Yang membedakan aplikasi ini dengan kebanyakan aplikasi sejenis di google play store yaitu pada metode menyimpan data aplikasinya. Kalau aplikasi sejenis kebanyakan disimpan dalam format html sedangkan aplikasi ini menyimpan text datanya dalam format plain string di database.

Kebanyakan aplikasi sejenis yang saya temui di play store menggunakan webview untuk menampilkan data atau text arab. Metode seperti ini, pengalaman saya, relatif lebih lama loadingnya ketika aplikasi dibuka.

Dalam aplikasi ini tersedia Surat Yasin yang dilengkapi dengan text arab, transliterasi bahasa indonesia, dan terjemahan bahasa indonesia. Selain itu ada kumpulan doa pilihan, surat-surat pendek, tata cara  sholat jenazah dan sholat ghoib.

Screenshot:

Yang pengen mencoba aplikasi Yasin dan Tahlil, bisa dibuka di link berikut:

Get it on Google Play