Practical Astronomy : Menghitung Julian Day

Berikut adalah seri postingan tentang astronomi praktis. Seri ini memiliki tujuan akhir yaitu membuat class Java yang berisi perhitungan-perhitungan dari buku Practical Astronomy with your calculator or spreadsheet 4th Edition by Peter Duffett and Jonathan Zwart.

Kali ini menghitung Julian Day dari kalender gregorian day.

Untuk testing code diatas bisa menggunakan java compiler dan executor disini https://www.compilejava.net/

Release Aplikasi Android ke-3: Yasin dan Tahlil, Kumpulan Doa, Surat-Surat pendek

Posting kali ini terkait cerita aplikasi android ke-3 yang saya buat.  Aplikasi ini bernama Yasin dan Tahlil. Aplikasi ini dibuat menggunakan tool Android Studio menggunakan bahasa pemrograman JAVA.

Yang membedakan aplikasi ini dengan kebanyakan aplikasi sejenis di google play store yaitu pada metode menyimpan data aplikasinya. Kalau aplikasi sejenis kebanyakan disimpan dalam format html sedangkan aplikasi ini menyimpan text datanya dalam format plain string di database.

Kebanyakan aplikasi sejenis yang saya temui di play store menggunakan webview untuk menampilkan data atau text arab. Metode seperti ini, pengalaman saya, relatif lebih lama loadingnya ketika aplikasi dibuka.

Dalam aplikasi ini tersedia Surat Yasin yang dilengkapi dengan text arab, transliterasi bahasa indonesia, dan terjemahan bahasa indonesia. Selain itu ada kumpulan doa pilihan, surat-surat pendek, tata cara  sholat jenazah dan sholat ghoib.

Screenshot:

Yang pengen mencoba aplikasi Yasin dan Tahlil, bisa dibuka di link berikut:

Get it on Google Play