Tag Archives: Templates

Drupal 7: Render Menu Navigations

Ada suatu kasus dimana saya harus membuat menu navigation dalam website yang dibangun menggunakan drupal. Sebenarnya menu navigation-nya sudah ada tetapi dibuat secara manual atau hard-coding.

Untuk merapikan management website-nya saya coba migrasi menu tersebut ke system menu yang disediakan drupal.

Di halaman admin>structure>menu ada fasilitas dari drupal untuk membuat menu. Nah, idenya adalah bagaimana memanfaatkan sistem drupal semaksimal mungkin dan menggunakan fungsi-fungsi bawaan drupal.

Kemudian permasalahannya adalah bagaimana menu yang telah dibuat di halaman administrator tesebut bisa muncul.

Berikut adalah cara untuk me-render menu yang dibuat dalam halaman admin>structure>menu ke dalam tampilan templates.

Cara diatas sudah saya test dan berhasil di custom templates saya.

Sumbernya, saya lupa, nanti kalau ketemu saya edit postingan ini.

Drupal 7 Google Custom Search

Google Custom Search adalah feature dari Google yang memungkinkan kita menambahkan searchbox pada website kita dimana hasil dari search akan diambil dari databasenya Google dan ditampilkan didalam halaman website kita.

Untuk kasus saya ketika menggunakan Drupal 7, idenya adalah menambahkan searchbox di bagian header website dan menampilkan hasilnya di halaman search.

Konsepnya buat form search-box di bagian header dan redirect hasilnya beserta kata yang dicari ke halaman search.

Pada halaman search, ambil kata kunci yang dicari menggunakan $_GET  . Masukkan juga script yang disediakan google di halaman search. Jangan lupa setting variable yang dipakai oleh kata kunci yang dicari. Biasanya google menggunakan variable q .

Sebelumnya buat content baru dengan type Basic page. Masukkan title Search dan kosongkan isinya.  Setelah itu buat template khusus untuk content ini.

Bagusnya drupal, kita bisa membuat template khusus untuk node atau content tertentu. Dalam kasus ini, buat file template dengan format page--node--[nomor node].tpl.php . Nomor node disesuaikan dengan nomor node dari content yang kita buat untuk halaman search.

Dan Selesai…!