Release Aplikasi Pencari Arah Kiblat Mizwandroid

Aplikasi kali ini yaitu tentang atau bertema navigasi. Feature sensor yang ada di sebagian besar ponsel pintar Android dicoba dimanfaatkan untuk menentukan arah kiblat.

Selain itu, kamera juga digunakan untuk menampilkan efek augmented reality atau kalau diterjemakna secara kata-nya yaitu kenyataan yang ditambahkan. Efek nyata yang diambil dari kamera ditambahkan dengan gambar kabah ketika kamera atau ponsel pintar kita diarahkan ke arah yang berdasarkan pembacaan sensor adalah arah kiblat.

Sebenarnya sudah banyak aplikasi serupa, yaitu menentukan arah kiblat berdasarkan sensor kompas yang ada di sensor pintar, namun yang membedakan pada aplikasi ini adalah fitur kalibrasi penunjuk arah sensor dengan posisi matahari atau bulan.

Read :   Drupal 7: Menggunakan Drupal API pada external Script

Secara perhitungan, posisi bulan dan matahari bisa ditentukan menggunakan data koordinat pengamat dalam hal ini posisi ponsel pintar. Dari sini diketahui posisi ketinggian dan azimuth matahari atau bulan.

Saat ponsel pintar diarahkan ke matahari misalnya, disitu akan ada pembacaan arah kamera dalam satuan azimuth dan ketinggian. Ketika ponsel diarahkan ke matahari, harusnya hasil pembacaan sensor sama dengan posisi matahari hasil dari perhitungan. Nah, selisih inilah yang menjadi nilai koreksi dari nilai pembacaan sensor dari ponsel pintar terhadap arah.

yang tertarik ingin mencobanya, bisa diunduh di play store:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.walukustudio.mizwandroid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.