Blog referensi konten-konten islam

Sejak hari Jumat kemarin (16 Maret 2018) saya pindahkan konten-konten islami ke blog tersendiri di sini http://islam.alfannas.com. Pemindahan ini berkaitan dengan rencana jangka panjang saya yang ingin membuat applikasi Android berkonten islami kedepan.

Salah satu aplikasi android berkonten islami yang sudah saya rencanakan adalah kumpulan Doa yang ada di Al-Qur’an dan Hadis.

Memangnya belum ada aplikasi android kumpulan doa dari Al-Qur’an dan Hadis?. Ada, banyak di Play store, tapi saya ingin buat sendiri, rasanya lebih puas dan bisa menambahkan fitur yang saya inginkan.

Salah satu fitur yang saya ingin ada di app itu adalah fitur untuk mengelompokkan doa berdasarkan kategori keinginan kita. Misal kumpulan doa setelah sholat. Orang yang satu dan yang lainnya kan bisa berbeda preferensi doanya yang mana saja yang ingin dibaca, nah disini saya ingin pengguna bisa memilih doa mana saja yang ingin dimasukkan ke kategori mana saja yang sudah dibuat.

Untuk membuat app doa kan butuh data doa-doa, nah disini saya mulai mengumpulkan doa yang ada di Al-Qur’an dan Hadis, kemudian saya kumpulkan di http://islam.alfannas.com . Pengennya ada keterangan juga seperti asbabun nuzul atau latar belakang munculnya Doa tersebut, misalnya doa tersebut diucapkan oleh Nabi siapa, dalam kondisi apa, trus terkait dengan apa, dsb. Kalau ada informasi ini kan menarik dan kita lebih meresapi maknanya.

Ketika nanti sudah terkumpul cukup di http://islam.alfannas.com, baru nanti lanjut ke app android nya.

Sementara saat ini app dari Waluku Studio yang berkaitan dengan konten islam di play store sudah ada dua yaitu Yasin dan Tahlil kemudian yang satunya Mizwandroid

Semoaga app kumpulan doa ini bisa cepat terealisasi dan memberikan manfaat ke banyak pengguna.. aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.