Blog referensi konten-konten islam

Sejak hari Jumat kemarin (16 Maret 2018) saya pindahkan konten-konten islami ke blog tersendiri di sini http://islam.alfannas.com. Pemindahan ini berkaitan dengan rencana jangka panjang saya yang ingin membuat applikasi Android berkonten islami kedepan.

Salah satu aplikasi android berkonten islami yang sudah saya rencanakan adalah kumpulan Doa yang ada di Al-Qur’an dan Hadis.

Memangnya belum ada aplikasi android kumpulan doa dari Al-Qur’an dan Hadis?. Ada, banyak di Play store, tapi saya ingin buat sendiri, rasanya lebih puas dan bisa menambahkan fitur yang saya inginkan.

Salah satu fitur yang saya ingin ada di app itu adalah fitur untuk mengelompokkan doa berdasarkan kategori keinginan kita. Misal kumpulan doa setelah sholat. Orang yang satu dan yang lainnya kan bisa berbeda preferensi doanya yang mana saja yang ingin dibaca, nah disini saya ingin pengguna bisa memilih doa mana saja yang ingin dimasukkan ke kategori mana saja yang sudah dibuat.

Untuk membuat app doa kan butuh data doa-doa, nah disini saya mulai mengumpulkan doa yang ada di Al-Qur’an dan Hadis, kemudian saya kumpulkan di http://islam.alfannas.com . Pengennya ada keterangan juga seperti asbabun nuzul atau latar belakang munculnya Doa tersebut, misalnya doa tersebut diucapkan oleh Nabi siapa, dalam kondisi apa, trus terkait dengan apa, dsb. Kalau ada informasi ini kan menarik dan kita lebih meresapi maknanya.

Ketika nanti sudah terkumpul cukup di http://islam.alfannas.com, baru nanti lanjut ke app android nya.

Sementara saat ini app dari Waluku Studio yang berkaitan dengan konten islam di play store sudah ada dua yaitu Yasin dan Tahlil kemudian yang satunya Mizwandroid

Semoaga app kumpulan doa ini bisa cepat terealisasi dan memberikan manfaat ke banyak pengguna.. aamiin.

Doa Para Nabi dalam Menghadapi Tantangan (Q.S. Ali Imran: 147)

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

 

Artinya:

“Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”

Keterangan:

Doa ini merupakan penggalan dari firman Allah SWT di Surat Ali Imran ayat 147. Firman Allah ini merupakan “jawaban” dari kegundahan para kaum muslimin yang mendapat kabar bahwa Rasulullah wafat dalam perang Uhud. Mereka beranggapan mungkin saja hal itu terjadi pada Rasulullah sebagaimana Allah telah menceritakan ihwal para Nabi yang terdahulu sehingga hal itu mengakibatkan terjadinya kelemahan, ketakutan dan keengganan melanjutkan perang.

Reference
Tafsir Ibnu Katsir Surah Ali ‘Imraan ayat 144-148

Doa Kaum Mukmin Memohon Ampun dan Rahmat (Q.S. Al-Mu’minuun: 109)

رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Artinya:

‘Ya Rabb kami, kami telah beriman maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat yang paling baik.’

Keterangan:

Doa ini merupakan penggalan dari firman Allah SWT sebagai rangkaian Jawaban yang diberikan kepada orang-orang kafir yang ingin keluar dari api neraka dan kembali ke dunia ini. Dalam ayat sebelum dan sesudahnya diceritakan bahwa Allah SWT mengingatkan kepada orang-orang kafir ini tentang apa yang telah mereka perbuat dahulu termasuk salah satunya yaitu  mengejek sekelompok orang mukmin yang berdoa dengan doa diatas.

Reference:

https://alquranmulia.wordpress.com/2015/08/22/tafsir-ibnu-katsir-surah-al-muminuun-ayat-108-111/

Doa Nabi Nuh Memohon Ampun dan Rahmat. (QS. Huud: 47)

رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

 

Artinya:

Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi”.

Keterangan:

Doa ini ducapkan oleh Nabi Nuh AS. Sebelum Ayat ini, yaitu di QS. Huud 45 dan 46, menceritakan bahwa Nabi Nuh menyampaikan kepada Allah SWT. tentang anaknya yang ikut ditenggelamkan dan mempertanyakan bukankah anaknya termasuk keluarganya yang termasuk Dijaga oleh Allah SWT. Kemudian dalam Q.S. Huud 46 Allah SWT. berfirman bahwa anaknya bukan termasuk keluarganya yang beriman yang Diselamatkan dan Allah SWT. juga memperingatkan untuk tidak memohon sesuatu yang tidak diketahui hakikatnya. Kemudian di Q.S. Huud 47 , Nabi Nuh menyampaikan Doa Ini.

Doa doa Nabi Ibrahim

Dalam Surat As-Shaffat ayat 100:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang saleh.”
Dalam Surat Ibrahim ayat 35:

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ

Artinya: “Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim berdoa “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini aman dan jauhkanlah aku dan anak-anakku dari menyembah berhala.”
Dalam Surat Ibrahim ayat 40-41:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku sebagai orang yang mendirikan shalat dan juga keturunanku. Ya Tuhanku, terimalah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku dan orang-orang mukmin di hari perhitungan.”
Dalam Surat Al-Baqarah ayat 126:

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ

Artinya: “Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim berdoa ‘Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman dan berilah penduduknya rezeki dari buah-buahan, yakni orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir di antara mereka’.”
sumber: http://www.nu.or.id/post/read/82574/belajar-dari-doa-doa-nabi-ibrahim