Pindah dan Extend Partisi Drive C: Windows 7

Beberapa hari ini agak dipusingkan dengan laptop thinkpad saya yang makin habis spacenya. Berbagai cara sudah dilakukan untuk mengosongkan disk. Tapi, belum ada penambahan space yang signifikan.

Susahnya pakai SSD itu ya gini, harus rela dengan space yang relative kecil dibandingkan dengan HDD untuk harga yang sama.

Awalnya dulu saya kasih untuk drive windows (C) dengan space 50GB. Pada waktu itu mungkin cukup untuk menyimpan sistem operasi dan file program. Makin kesini ternyata makin menipis dengan jumlah program yang tidak terlalu nambah. Artinya, programnya ya itu-itu aja. Datanya mungkin yang nambah.

Sempat kepikiran untuk install ulang tapi kebatang banyaknya proses dan lamanya proses jadi males dan mengesampingkan opsi ini.

Read :   Install Web Server di Ubuntu 12.04 LTS

Nyari opsi untuk extend drive C dengan mengurangi space Drive D supaya bisa dipakai sama drive C. Ketemu software untuk melakukannya ternyata harus bayar. Pakai tools bawaan windows yang manage disk itu tidak bisa dipakai.

Kebetulan posisi drive C ini paling kanan kalau dilihat di disk management bawaan windows. Sementara posisi drive D ada di paling kiri. Di tengah-tengah ada drive lain. Jadi harus pakai tools tambahan.

Coba cari tools lagi ketemu software namanya “MiniTool Partition Wizard” Untungnya software ini gratis. Saya mencoba menghindari menggunakan software cracked. Sebenarnya kepikiran partition magic yang dulu pernah dipakai, tapi bayar, gak jadi.

Ok, akhirnya ketemu solusi pakai tool ini. Drive C digeser ke kiri, drive D digeser sebelah kanannya. Drive D dihapus/delete. Kemudian extend drive C. Proses Terakhir tinggal click apply.

Read :   catatan pengamatan radio matahari,18 mei 2013

Ada peringatan kalau akan restart dan lain sebagainya. Maklum sih karna yang diproses drive operating system, pasti membutuhkan proses yang lebih dasar lagi.

Sempet khawatir gak berhasil entah karena gagal geser posisi drive, file corrupt, dll.. Setelah dengan sabar menunggu proses yang cukup lama, akhirnya nyala windows nya. Alhamdulillah berhasil.

Mungkin ada yang membutuhkan solusi yang sama terkait partisi hard disk, bisa dicoba software ini. Kebetulan saya hanya mencoba fitur untuk geser dan extend partisi saja. Masih ada fitur-fitur yang lain yang bisa dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.