VirtualBox Error Hanya Menampilkan Pilihan Sistem Operasi Windows 32 Bit Saja

Ceritanya saya lagi pengen install windows server 2012 R2 di sebuah virtual machine dengan tools atau applikasi bernama VirtualBox dari Oracle.

Nah setelah install virtualbox dan sudah download file .iso installasi windows server 2012 R2 nya yang 64 bit, ternyata di pilihan virtualbox tidak ada yang 64 bit. Lha kok aneh, pikir saya waktu itu.

Saya coba paksakan buat virtual machine dengan pilihan other windows 32 bit, dan saya jalankan, ternyata error. Gak mau lanjut proses instalasinya.

Masa harus download lagi yang 32 bit sementara buat download satu file yang 64 bit itu saja butuh waktu 2 jam lebih, males banget.

Read :   Cara Agar Program Tetap Berjalan Walaupun Terminal Ditutup

Iseng nyoba lihat di web microsoft tempat downloadnya, yg 32 bit banyak banget pilihanya, ribet kayaknya.

Akhirnya saya coba cari di internet permasalahan ini, dan nemu di suatu web atau blog orang yang mengalami hal yang sama. Dia ketemu solusinya. Solusi ini juga ada di forum superuser.

ini blognya: http://www.fixedbyvonnie.com/2014/11/virtualbox-showing-32-bit-guest-versions-64-bit-host-os/

Solusi yang tertulis disitu adalah:

  1. Pastikan OS parent kita, maksudnya misalnya windows tempat install virtualbox kita ini termasuk yang 64 bit. Walaupun di kolom komentar stackoverflow ada yang bilang bisa aja pasang virtual machine untuk windows 64 bit di OS parent yang 32 bit, tapi tidak optimal.
  2. Pastikan setting di BIOS komputer kita tentang Intel virtualization Technology dan VT-d di-enable.
  3. Hyper-V platform di-disable. Lokasinya ada di Windows Features List. Ini ada di control panel. Kerena OS saya pake windows 7, jadi feature ini tidak ada, jadi tidak ada yang di-disable.
Read :   Drupal 7: Render Menu Navigations

O iya, computer saya adalah laptop thinkpad x200si dengan OS windows 7.

Dari step solusi di atas, praktis saya hanya melakukan nomer satu dan dua saja. Setelah setting BIOS kan langsung restart tu, nah ini tidak langsung muncul 64 bit nya di VirtualBox, jadinya harus di bener-bener OFF, shut down komputer kita.

Setelah itu bisa muncul deh pilihan 64 bit nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *