Tag Archives: apache

Install Web Server di Ubuntu 12.04 LTS

Ubuntu
Ubuntu

Saya tuliskan beberapa catatan saat instalasi web server menggunakan Ubuntu 12.04. Saya tuliskan disini biar nanti kalau butuh gak nyari-nyari lagi.

Saya menggunakan versi desktop karena kebetulan server ini juga rencananya akan saya pakai untuk kegiatan komputasi sehari-hari dan kebutuhan server untuk web ini hanya untuk sementara semasa pengembangan saja.

  1. Installasi Ubuntu Desktop 12.04 LTS
    Installasi ubuntu seperti biasanya, dalam kasus ini, saya menggunakan USB FDD. Pada awalnya ada sedikit masalah karena tidak BIOS tidak mau booting dari USB FDD padahal first boot sudah diatur ke USB FDD. Tapi akhirnya bisa booting setelah Hard Disk priority-nya diubah ke USB-FDD. Agar bisa dipilih dalam prioritas Hard Disk di BIOS, USB berarti harus sudah diposisinya sebelum masuk ke BIOS.
  2. Ubah repository Ubuntu 12.04 ke lokal
    Dalam hal ini, karena saya ingin berhemat dengan bandwidth international yang ada, maka saya ubah repository default ke repository dalam negeri, yaitu repository Kambing UI dan FTP ITB. Selain menghemat bandwidth internasional juga lebih cepat dalam aksesnya.

    ganti dengan berikut

    Simpan kemudian

    biar ubuntunya tau kemana harus nyari aplikasi.
  3. Installasi LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP) Server
    Untuk bagian yang paling penting dalam web server ini saya pakai tasksel, suatau tools untuk menginstall satu paket lamp, biar gampang.

    setelah selesai

    karena saya mengalami sedikit masalah dengan installasi menggunakan GUI tasksel, akhirnya saya pakai command
  4. Install phpmyadmin
    Sebenarnya bisa tanpa phpmyadmin tetapi butuh waktu untuk menyesuaikan diri pakai text command, jadi pakai phpmyadmin saja.

    Setelah installasi selesai, tinggal tambahkan phpmyadmin kedalam konfiguarsi apache.

    Memasukkan phpmyadmin agar phpmyadmin bisa diakses dari browser.

    Restart apache:
  5. Install ProFTPD
    Install

    Sedikit konfigurasi

    Menentukan direktori pengguna agar di berada di direktori home masing-masing.

    Restart:
  6. Selesai

Informasi ini berupa garis besarnya saja yang saya rangkum dari berbagai sumber di internet. Terimakasih bagi semua yang telah berbagi ilmu pengetahuan. Semoga dengan niat yang ikhlas Lillahi Ta’ala bisa mendatangkan pahala untuk ilmu yang bermanfaat..aamiin…