Solar Eclipse Observed from Bromo Tengger Semeru National Park

Read :   Keberuntungan yang Melancarkan Tugas Akhir/Skripsi

Solar eclipse observation result from Bromo Tengger Semeru National Park, East Java, Indonesia. Observation site was in “Puncak Penanjakan 1”, one of the best site with best view of sunrise and Bromo crater.

Mount Bromo also well known to traveler and backpacker around the world and have beautiful sunrise view. People already standby here from 04.00 am or 1-2 hours before sunrise.

6 thoughts on “Solar Eclipse Observed from Bromo Tengger Semeru National Park”

  1. Alhamdullilah bisa menyaksikan dan ada yang sempat mengabadikan momen gerhana Matahari Sebagian Jum’at pagi 10 Mei 2013 di Gn Bromo Tengger Semeru National Park. Sebagai pengalaman hidup maupun pengembangan sains astronomi. Terima kasih atas berbagai infonya. mudah – mudahan bermanfaat. Moedji

    1. Alhamdulillah…, aamiin…semoga bermanfaat.., terima kasih banyak Pak Moedji… 🙂

      sayangnya dari sekian banyak orang yang mengamati matahari terbit disitu, tidak ada yang tahu kalau saat itu sedang terjadi gerhana, kecuali hanya beberapa orang. Dari beberapa orang yang saya tanya, mereka tidak tahu kalau sedang ada gerhana, termasuk tiga orang turis dari Kanada.

  2. Pengunjung di Observatorium Bosscha (dari Jawa Tengah) pada pagi 10 Mei 2013 juga demikian mereka tidak sadar bahwa ada gerhana Matahari pada Jum’at pagi. Tantangan untuk ilmuwan dan media untuk mensosialisasikannya. Mudah – mudahan GBT 8 Oktober 2014 dan GMT 9 Maret 2016 bisa dipersiapkan dengan lebih baik sosialisasinya. Di Bali kabarnya ada kelompok siswa yang melakukan pengamatan gerhana Matahari (komunikasi dari wartawan the Jakarta Post). mereka juga memerlukan informasi untuk jadual dan cara pengamatan gerhana Matahari dengan aman dan nyaman. Rekan – rekan Obs Bosscha yang ke Kupang juga memberi informasi pada Bpk Bupati di sana memotret gerhana Matahari 10 Mei 2013 yang lalu. Semangat memajukan sains untuk bangsa Indonesia masih ada dan semoga tetap berkobar. Semoga sukses. Moedji Raharto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.