Mencoba Sphider PHP Search Engine

Kemarin saya menemukan search engine yang dibuat menggunakan bahasa php dan database MySQL. search engine ini digunakan untuk meng-index website yang kita definisikan dan dia akan meng-index halaman-halaman website yang telah kita definisikan sebelumnya. Halaman yang diindex berdasarkan link dan title yang ada dari halaman-halaman tersebut.

Indexing-nya ditrigger dengan cara manual oleh admin, jadi admin harus melakukan indexing secara periodik agar informasi up to date. Jika kita memiliki akses terhadap cron job, mungkin bisa dilakukan indexing secara otomatis dengan periode tertentu juga.

Sistem juga memiliki record tentang keyword yang pernah dicari oleh pengunjung. Dengan record ini kita juga bisa memantau kata kunci apa yang paling sering dicari. Dengan begitu kita bisa mendapat masukan untuk kebijakan pengembangan yang akan datang.

Setelah mencobanya, saya cukup terkesan dengan aplikasi ini. search engine ini memiliki feel dan tampilan mirip google tapi dengan view dan sistem yang lebih sederhana atau mirip google zaman dulu. Orang bisa mengetikkan kata kunci pada search box dan sistem bisa memberikan sugesti kata yang sering dicari atau yang ada dalam index sistem.

Awalnya saya ingin membuat search engine sendiri untuk mencari dokumen yang ada dalam website, namun ketika saya menggunakan search engine google untuk mencari referensi tentang search engine, saya menemukan search engine sphider ini. Dan saya pikir untuk kebutuhan saat ini sudah mencukupi menggunakan search engine ini. Untuk menghormati dan menghargai jerih payah tenaga, waktu, dan pikiran pengembang, tentu tidak enak jika menggunakannya secara cuma-cuma. Juga sebagai rasa terima kasih, saya ikut memberikan kontribusi donasi, walaupun jumlahnya mungkin sangat kecil sekali.

Setelah mencoba mencari tau pengembangnya, ternyata dia seorang Phd yang sudah bekerja di skype Lab. wah, luar biasa..! :). Publikasi ilmiahnya juga lumayan banyak, terutama berkaitan dengan machine learning dan artificial intelligent.

mari kita eksplore lagi…! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.