Knowledge Management System

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat informasi tentang knowledge management. Awalnya saya mencari informasi yang berkaitan dengan Management Information System, tapi kemudian hal itu menggiring saya ke knowledge management. Jauh sebelumnya ternyata saya sudah mendengarnya dan secara tidak langsung telah dikenalkan dengan istilah knowledge management ini dari kolega dan juga guru saya di Dewan Nasional Perubahan Iklim. Saya banyak mendapat informasi, inspirasi dan juga pengetahuan baru dari Beliau.

Ternyata, metode, teknik, dan teknologi yang menjadi bagian dari keseharian badan dan pikiran saya selama ini bisa jadi termasuk bagian dari knowledge management. Hal ini saya peroleh dari buku elektronik yang saya download dari internet yaitu Encyclopedia of Knowledge Management yang berisi bebagai hal tentang Knowledge Management daei A sampai Z. Penulis atau kontributornya juga gabungan dari berbagai universitas di dunia dan memaparkan knowledge management dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Knowledge Management, ternyata juga bisa menjadi jawaban atas kerisauan saya selama bekerja menjadi research assistant and person in charge of IT di Obsevatorium Bosscha, Bandung. Waktu itu saya merasa risau dengan banyaknya data pengamatan bintang yang telah diamati para Astronom di Observatprium Bosscha yang tercecer di berbagai komputer. Saya yakin data itu sangat berharga tidak hanya bagi Astronom pengamat sendiri, tetapi juga bagi Obs. Bosscha atau personil lain. Saya risau bagaimana informasi tersebut bisa dimanfaatkan demi kepentingan civitas Obs. Bosscha secara keseluruhan.

Memory Organisasi (Organizational Memory) juga bisa dijaga dan ditingkatkan dengan knowledge management yang baik. Data informasi yang terkumpul di suatu lembaga, sudah selayaknya bisa meningkatkan produktifitas, efisiensi, dan daya tawar yang lebih baik. Hal ini akan ditunjang dengan knowledge sharing yang baik pula antar elemen di organisasi/lembaga tersebut. Knowledge management mestinya sudah menjadi bagian dari tata kelola lembaga.

Rabu, 201307200013

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.