Great Experience of Solid State Drive (SSD)

Akhirnya, setelah sekian lama, saya berkesempatan untuk upgrade harddisk ThinkPad x200s saya menjadi Solid State Drive (SSD). Sudah lama saya memimpikan untuk upgrade ke SSD ini. Ada keunggulan yang jauh lebih besar yang ditawarkan oleh SSD.

Gampangnya SSD adalah suatu sistem penyimpanan seperti HDD konvensional tetapi tidak memiliki piringan sebagai media penyimpanannya. SSD menggunakan chip-chip semikonduktor untuk menyimpan data seperti halnya dalam FDD atau Flash Memory. Dengan tidak adanya piringan yang bergerak, SSD memiliki berbagai keunggulan.

Sampai sekarang saya masih excited dengan peningkatan performa dalam kecepatan akses, kecepatan booting dan shutdown, kecepatan buka tutup aplikasi dan it’s feel great. Sebagai gambaran, dalam tes kecepatan booting dan shotdown, saya menggunakan ubuntu, biasanya ketika loading startup waktu booting ada looping yang sambil memunculkan logo ubuntu membutuhkan waktu 10 kali looping dengan waktu beberapa belas detik, dengan ssd cukup seper sekian detik. Ketika membuka aplikasi, saya mencoba buka berbagai jenis office dan explorer beberapa window cukup dengan beberapa detik saja sudah tebuka semua hampir tanpa merasakan loading.

Read :   Menampilkan Posting Dengan Hanya Tags Tertentu di Halaman Depan WordPress

Gambaran secara visualnya sudah banyak tersedia di Youtube, salah satunya video dibawah ini:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *