Drupal 7: File Status Permanent

Postingan ini berkaitan dengan postingan sebelumnya yaitu Drupal 7: Cara Ambil URL File yang Disimpan Melalui Custom Form Halaman Admin.

Pada postingan tersebut, ada bagian snippet yang fungsinya sebagai form handler dari fungsi form submit, sebagai berikut.

fungsi di atas gunanya untuk membuat file berstatus di system-nya drupal menjadi permanent. Artinya dia tidak akan dihapus saat pembersihan reguler file-file yang dianggap temporary oleh drupal. Tapi ternyata dalam kasus saya tidak berfungsi.

Saya cari-cari di berbagai sumber, akhirnya menemukan solusi yang sudah saya test berhasil dari forum drupal, yaitu mengganti fungsi form handlernya menjadi seperti dibawah:

Read :   Android Studio : Membuka intent activity melalui menu preferences

Perbedaan utamanya yaitu pada “file ID” dan “file_usage_add”. pada baris ke-7 ada pemanggilan fungsi untuk memanggil file id yang hendak kita ubah statusnya menjadi permanent (bukan temporary). Selanjutnya baru di-set permanent pada baris ke-8.

Sedangkan baris ke-9 yaitu untuk mendefinisikan file tersebut digunakan oleh “siapa”, agar tidak muncul error “failed reference”.

Read :   JS Form Dinamis dengan jQuery

O iya, sebagai monitoring tool bahwa form handler ini benar-benar dipanggil ketika submit form, bisa menggunakan drupal_set_message drupal.

kalau message ini muncul setelah submit form, berarti fungsi diatas harusnya sudah dijalankan dan status file menjadi permanent.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *