Tag Archives: Busway

Pembangunan MRT (foto)

Foto Tahapan Pembangunan MRT
Foto Tahapan Pembangunan MRT. Foto diambil dari JPO Bundaran Senayan.

Sore ini (16/08) dalalm rangka jalan-jalan sore pakai Transjakarta, saya melihat proses pembangunan MRT seperti pada foto diatas. Merasa ada harapan terhadap pembenahan sistem transportasi baru, saya dokumentasikan foto diatas sebagai dokumentasi pribadi. Mudah-mudahan pembangunannya lancar dan bisa segera memberikan manfaat kepada masyarakat.

Beberapa halte Transjakarta di koridor 1 (Blok M  – Kota) juga sudah banyak perubahan. Beberapa halte telah dirubah menjadi lebih luas dan lebih terbuka. Semua penumpang yang menggunakan koridor ini juga sudah diharuskan menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tiket-nya. Sebenarnya tidak ada tiket, tapi untuk masuk halte pake kartu yang berisi saldo yang akan berkurang setiap kita masuk halte. Sampai besok (17/08) harga kartu masih Rp. 20.000,- dengan saldo 20.000 (bisa diisi ulang).

[Explore Jakarta] Kebun Binatang Ragunan

Explore Jakarta edisi kali ini adalah naik Transjakarta (Untuk selanjutnya, Transjakarta saya sebut busway) ke Ragunan . Saya mulai naik busway dari sekitaran kuningan ke arah Ragunan menggunakan busway jurusan Dukuh Atas- Ragunan. Hari sabtu siang tidak terlalu rame penumpang yang menuju ke arah Ragunan.

Target explore kali ini sebenarnya cuma sampai terminal ragunan dan mencari sebuah baut dan mur sepasang untuk kipas angin trus balik lagi. Tetapi begitu sampai Ragunan, ternyata saya mulai tertarik dengan kebun binatang yang letaknya tidak jauh dengan halte busway Ragunan. Bahkan lokasinyapun satu area.

Begitu sampai pintu masuk kebun binatang, pengunjung diharuskan membeli tiket masuk seharga Rp.4.500,00 untuk Dewasa dan kalau gak salah Rp. 3.500,00 untuk anak-anak . Dengan mengantri tidak terlalu lama, akhirnya saya bisa masuk dan mulai mengexplore kebun binatang yang ada di Jakarta ini.

Saya masuk dari pintu utara. Dari pintu masuk, saya langsung menuju ke tempat Pelikan. Tempatnya terbuka bagian atasnya, apa burung ini tidak terbang ya. Dari sini saya langsung merasakan asrinya kebun binatang dan banyaknya pohon-pohon yang jarang saya temui di hari-hari biasanya.

Setelah dari Pelikan, saya lanjut ke kompleks ikan. Kebanyakan berisi Arowana, dan ada juga Piranha sih, tapi cuma satu. Setelah itu lanjut ke Primata kemudian ke area Burung atau Aves. Adzan Ashar mampir dulu ke mushola (atau masjid ya, gede soalnya). Lanjut lagi ke Banteng, Unta, Harimau, Gajah, dan lain-lain. Lebih lengkapnya lihat saja album di bawah ini.

Secara umum, kebun binatang Ragunan sudah cukup baik pengaturannya, setidaknya lebih baik dari kebun binatang Bandung yang sempat saya kunjungi sekitar tahun 2008. Hanya saja ada tempat yang penuh sampah seperti di salah satu foto diatas dan ada perilaku pengunjung yang masih membuang sampah sembarangan.