Cara mengganti warna (replace color) pada gambar di Gimp

Ganti warna gambar pada Gimp ternyata tidak sulit. Tinggal berapa click saja sudah berubah.

Gimp adalah aplikasi pengolah gambar digital sama seperti Photoshop. Bedanya, Gimp berlisensi open source sehingga aplikasi ini gratis digunakan tanpa perlu membayar lisensi.

Berikut langkahnya:

  1. Buka gambar yang akan diganti warnanya dengan Gimp.
  2. Click Color > Map > Color Exchange
  3. Ubah from color dan to color untuk mengubah warna dari warna lama ke warna baru.

Tool ini bisa sangat membantu untuk mengganti warna pada gambar yang tidak terlalu banyak memiliki komponen warna. Misalnya dalam gambar atau icon yang memiliki dua warna. Kita ingin mengganti salah satu warnanya saja misalnya.

Untuk gambar yang memiliki susunan warna yang komplek, seperti untuk gambar yang meimiliki gradient, atau foto dari kamera. Gambar kompleks seperti ini memerlukan teknik editing foto yang lebih kompleks.

Business Plan?

Saya kadang menemukan ide-ide untuk membuat start-up atau bisnis. Ide ini kadang muncul begitu saja ketika merenung. Atau kadang muncul ketika menemukan suatu masalah dan kepikiran untuk membuat solusinya. Ada juga kadang inspirasi membuat usaha karena terinspirasi dari cerita orang tentang suatu hal.

Ide-ide tentang bisnis ini muncul dan bertahan lama, kadang hilang atau mengendap begitu saja. Bisa juga tergantikan dengan ide baru yang muncul. Nah akhirnya bingung, mana yang mau dilakukan dan akhirnya gak ada yang dilakukan sama sekali.

Hari ini saya menemukan atau lebih tepatnya nyasar ke sebuah video tentang bisnis plan. Kenapa bisnis plan, karena kita bisa mem-break-down ide kita menjadi langkah-langkah apa yang diperlukan untuk mengeksekusi ide kita. Setidaknya bisnis plan ini apa yang diperlukan pertama kali.

Di bisnis plan ini kita mengidentifikasi mulai visi, tujuan, tantangan, resource yang kita punya, resiko, dan langkah-langkah lain.

Dengan bisnis plan ini kita jadi lebih terarah dan terukur. Kita juga lebih mudah untuk cerita ke orang lain yang siapa tau calon investor yang mau mendanai ide bisnis kita.

Menampilkan Hanya Kategori Tertentu di Halaman Depan WordPress

image source http://hillmediagroup.com , 2015
image source http://hillmediagroup.com , 2015

Ada suatu kasus dimana kita ingin menampilkan satu atau beberapa jenis kategori saja yang ingin ditampilkan di halaman depan blog. Pengunjung yang membuka alamat utama blog kita, yang muncul adalah postingan-postingan di kategori yang telah kita pilih tersebut.

Sebagai solusi untuk kasus diatas, kita bisa memasukkan satu baris kode di theme wordpress kita. Cara ini syaratnya kita menggunakan wordpress di hosting sendiri, bukan hosting free yang disediakan wordpress.

Masuk ke dalam theme editor di mode admin dan sisipkan kode <?php query_posts(‘cat=3,57’ . ‘&showposts=10′.’&paged=’.$paged); ?>  dan masukkan ke dalam file index.php tepat di bawah baris <div id=”main-content” class=”main-content”> .

Ganti bagian ‘cat=3,57’ dengan nomor kategori yang diinginkan. Setelah selesai dan diupdate file index.php -nya, kita bisa refresh dan posting yang muncul hanya kategori yang telah kita pilih.

Referensi:

Display Only Certain Categories or Single Post on Home Page in WordPress

Pasang Post Views Counter Pada WordPress

image source http://hillmediagroup.com , 2015
image source http://hillmediagroup.com , 2015

Tadinya mau nyari plugin widget buat menampilkan jumlah hits atau statistik di blog ini, tapi malah nemu jumlah views pada suatu postingan. Saya pikir menarik kalau bisa mencatat jumlah views pada postingan.

Saya coba pasang dengan cara installasi biasa lewat fasilitas add plugin  bawaan wordpress tinggal ikuti petunjuk, tunggu sebentar, terinstall deh. Setelah itu aktifkan jika belum aktif.

Pengaturan selanjutnya yang paling penting yaitu menyisipkan kode plugin ini <?php echo ‘This post has been viewed’; ?> <?php echo_views(get_the_ID()); ?> <?php echo ‘times’; ?>  kedalam themes editor yang tersedia di menu Appearance . Sisipkan pada file PHP content di posisi yang disukai.

Setelah berhasil dipasang di tempat “yang benar”, jumlah view post akan muncul di halaman artikel. Cuma dari percobaan barusan saya beri catatan berupa:

  1. Setelah dipasang, jumlah view semua post 0 (nol).
  2. Jumlah view kedua agak aneh, jumlahnya lebih dari 2 views.
  3. Setiap kita refresh, jumlah view akan nambah.

Berkunjung ke BPS

BPS atau Badan Pusat Statistik ternyata memiliki koleksi yang bisa dilihat oleh Publik. Kebetulan minggu ini saya berkesempatan berkunjung kesana.

Kita sebagai pelajar atau umum bisa datang dan melihat kumpulan data tentang Indonesia yang terus diperbarui. Bagi orang yang suka data, berkunjung ke BPS seperti berwisata ke plosok-plosok Indonesia.

Pengunjung bisa masuk secara gratis ke ruang Perpustakaan di Gedung 2 Lantai 1. Kalau kurang menemukan yang dicari bisa ke Galery Buku atau ke ruang konsultasi data untuk mendapatkan data survey atau data statistik yang lain.

Kalau kita melihat informasi dari website BPS (akses sep 14), disana tercantum ada tiga jenis data berdasarkan cara kita memperolehannya. Yang pertama yaitu free untuk masyarakat umum, kedua nol rupiah untuk lembaga internasional atau perwakilan negara lain, dan yang ketiga yang berbayar.

Kalau biasanya orang sekarang lagi trend backpacking ke plosok-plosok Indonesia untuk mengeksplore negeri, mungkin akan lebih baik kalau kita main dulu ke BPS untuk memberikan gambaran tentang suatu daerah. Sehingga ketika berkunjung kita bisa lebih menikmati kekayaan pengetahuan dan mendapatkan feelnya mengeksplore… 😀