Tag Archives: Posting

Menampilkan Posting Dengan Hanya Tags Tertentu di Halaman Depan WordPress

image source http://hillmediagroup.com , 2015
image source http://hillmediagroup.com , 2015

Kenapa kita perlu mem-filter hanya postingan dengan tags tertentu? jawabannya adalah 1. Ingin mengangkat postingan lama yang sudah terpendam jauh di bawah dan postingan baru yang dihalaman depan sudah terlalu lama muncul, 2. Ingin memfokuskan pengunjung ke topik (tags) tertentu ketika membuka halaman pertama, 3. Suka-suka aja pengen ngotak-ngatik blog.

Kalau pada postingan sebelumnya membahas Menampilkan Hanya Kategori Tertentu di Halaman Depan WordPressdisini kita filter postingan yang ada di halaman depan berdasarkan Tags.

Pada intinya sama dengan filtering berdasarkan kategori, hanya saja pada bagian code kategorinya diganti dengan code tags.

Gunakan code berikut:

Hanya saja kalau pada filtering berdasarkan kategori, kita gunakan nomor kategori. Sedangkan disini kita gunakan kata tags-nya sendiri. Dalam contoh kode diatas yaitu  radio .

 

Menampilkan Hanya Kategori Tertentu di Halaman Depan WordPress

image source http://hillmediagroup.com , 2015
image source http://hillmediagroup.com , 2015

Ada suatu kasus dimana kita ingin menampilkan satu atau beberapa jenis kategori saja yang ingin ditampilkan di halaman depan blog. Pengunjung yang membuka alamat utama blog kita, yang muncul adalah postingan-postingan di kategori yang telah kita pilih tersebut.

Sebagai solusi untuk kasus diatas, kita bisa memasukkan satu baris kode di theme wordpress kita. Cara ini syaratnya kita menggunakan wordpress di hosting sendiri, bukan hosting free yang disediakan wordpress.

Masuk ke dalam theme editor di mode admin dan sisipkan kode  <?php query_posts('cat=3,57' . '&showposts=10'.'&paged='.$paged); ?> dan masukkan ke dalam file  index.php tepat di bawah baris  <div id="main-content" class="main-content"> .

Ganti bagian  'cat=3,57' dengan nomor kategori yang diinginkan. Setelah selesai dan diupdate file  index.php -nya, kita bisa refresh dan posting yang muncul hanya kategori yang telah kita pilih.

Referensi:
http://vandelayweb.com/display-only-certain-categories-or-single-post-on-home-page-in-wordpress/