Berkunjung ke BPS

BPS atau Badan Pusat Statistik ternyata memiliki koleksi yang bisa dilihat oleh Publik. Kebetulan minggu ini saya berkesempatan berkunjung kesana.

Kita sebagai pelajar atau umum bisa datang dan melihat kumpulan data tentang Indonesia yang terus diperbarui. Bagi orang yang suka data, berkunjung ke BPS seperti berwisata ke plosok-plosok Indonesia.

Pengunjung bisa masuk secara gratis ke ruang Perpustakaan di Gedung 2 Lantai 1. Kalau kurang menemukan yang dicari bisa ke Galery Buku atau ke ruang konsultasi data untuk mendapatkan data survey atau data statistik yang lain.

Kalau kita melihat informasi dari website BPS (akses sep 14), disana tercantum ada tiga jenis data berdasarkan cara kita memperolehannya. Yang pertama yaitu free untuk masyarakat umum, kedua nol rupiah untuk lembaga internasional atau perwakilan negara lain, dan yang ketiga yang berbayar.

Kalau biasanya orang sekarang lagi trend backpacking ke plosok-plosok Indonesia untuk mengeksplore negeri, mungkin akan lebih baik kalau kita main dulu ke BPS untuk memberikan gambaran tentang suatu daerah. Sehingga ketika berkunjung kita bisa lebih menikmati kekayaan pengetahuan dan mendapatkan feelnya mengeksplore… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.