Release aplikasi Android ke-2: Mengenal Suara Hewan

Aplikasi kedua akhirnya release juga. Aplikasi ini mungkin lebih menyasar ke lebih banyak pengguna daripada sebelumnya. Kalau sebelumnya mungkin cuma yang mempunyai minat terhadap astronomi, sedangkan aplikasi ini lebih menyasar orang umum yang memiliki anak kecil.

Aplikasi ini bernama mengenal suara hewan. Idenya berawal dari kami di rumah yang bermain tebak-tebakan sama anak yang masih berusia 2 tahun tentang suarah hewan. Kami menyebut nama hewan dan anak akan menirukan suara sesuai hewan yang disebutkan. Atau kami menirukan suara hewan, dan anak menyebutkan nama hewannya.

Aplikasi ini sangat simple. Hanya menampilkan gallery foto hewan dan ketika di sentuh, akan mengeluarkan suara sesuai nama hewan-nya.

Foto-foto dan suara saya kumpulkan dari internet yang memiliki lisensi public domain, sehingga boleh digunakan kembali dan dimodifikasi.

Berikut screenshotnya:

 

Dan kalau ada yang mau iseng nyoba, bisa diunduh aplikasinya di bawah ini:
Get it on Google Play

Aplikasi Android Sedarhana Pertama

Seneng sekali akhirnya satu aplikasi yang sangat sederhana sekali selesai. Ini aplikasi Android pertama saya dan yang pertama juga saya upload di Google Play.

Tujuan saya upload aplikasi yang sebenarnya mungkin terlalu simple untuk diupload di google play adalah untuk mencari tau seperti apa sih tahap atau langkah dari membuat aplikasi android itu sampai bisa muncul di Google Play. Dan rasanya senang ketika aplikasi itu muncul di Google Play.

Harapan saya terhadap aplikasi ini sebenarnya gak terlalu besar, supaya diinstall banyak orang, dll. Tetapi lebih kepada untuk mendapat gambaran utuh dari suatu pengembangan aplikasi sampai launch di market.

Biarkan aplikasi itu sementara ada di Google Play, sambil mengembangkannya.

Ada beberapa yang kebayang tentang seperti apa pengembangannya kedepan, feature apa yang akan ditambahkan, dll.

Bagi yang penasaran aplikasinya seperti apa, ini dia

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.alfannas.astrotips