Tag Archives: Indonesia

Jas Merah, Jangan Pernah Melupakan Sejarah

Sekarang-sekarang ini saya mulai tertarik dengan sejarah. Saya mulai menikmati cerita perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu. Mulai menghayati danĀ  menangkap kondisi peristiwa yang terjadi pada masa itu. Terutama sejarah pembentukan Indonesia dan tokoh – tokoh yang terlibat di dalamnya. Meminjam istilah Bung Karno yaitu, Jas Merah, Jangan pernah melupakan sejarah.

Kadang saya juga mulai menghubungkan dengan apa yang saya lihat sekarang dan apa yang terjadi pada masa lalu. Misalnya ketika melewati Jalan Sudirman, Jakarta, dan melihat patung Jendral Sudirman, saya jadi teringat dengan perjuangan beliau ketika mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bergerilya dari hutan ke hutan untuk memukul mundur tentara Belanda saat agresi militer. Bagaimana semangat Beliau dalam menjalankan tugas negara dan militansi Beliau dalam menjalankan misi. Jendral Sudirman yang dulunya seorang guru yang kemudian bergabung menjadi tentara dan mengabdikan diri untuk negara.

Di Gramedia tadi saya menemukan buku sejarah yang cukup menarik, yaitu tentang banjir Jakarta dari masa kerajaan sampai Gubernur Jokowi sekarang. Banjir Jakarta tidak lepas dari sejarah pembentukan Kota Jakarta. Sejak zaman kerajaan Tarumanegara, tahun 1500-an (lupa tanggal pastinya) , ternyata jakarta sudah dilanda banjir. Bukti sejarahnya ada dalam prasasti tugu yang sekarang disimpan di kawasan Kota Tua, Jakarta. Ketika ke Kota Tua dulu, saya tidak begitu menangkap esensi dari prasasti tersebut. Begitu membaca sejarah, saya akhirnya bisa menemukan jalan ceritanya dan bisa menghubungkan objek-objek tersebut,”oooh… ternyata prasasti itu berhubungan dengan banjir toh…”.

Ada satu buku lagi yang tadi pingin saya baca tapi sayangnya masih tersegel semua, belum ada yang terbuka, jadi gak sempet baca. Tapi dari tulisan cover belakang sih tampaknya menarik. Judulnya kalau gak salah inget “Wong Ndeso itu Militan” (agak kurang yakin sih dengan judulnya, maaf kalau salah). Mungkin karna saya juga wong ndeso jadi tertarik untuk membacanya :D. Secara umum, dari tulisan cover belakang, sepertinya berupa tulisan yang akan memberikan motivasi dan semangat. Yaa.., semoga lain waktu ada kesempatan untuk membacanya.