Category Archives: Uncategorized

Import database mysql menggunakan command prompt

Environtment: XAMPP windows 7 64

Yang memiliki kasus yang sama dengan saya, yaitu pengen import file database yang lumayan besar ke dalam mysql xampp, berikut dalam postingan ini, caranya import pakai command prompt.

Phpmyadmin, karena pakai PHP, maka kurang bisa menangani import file yang besar. Pasti akan kepentok dengan ukuran file yang diizinkan PHP untuk diupload dan durasi waktu running PHP yang dibatasi juga oleh PHP.

Kita bisa saja mengubah setting PHP untuk mengakomodasi import database kita yang besar itu. Tetapi mungkin pada kondisi tertentu tidak optimal untuk gonta-ganti setting PHP. Oleh sebab itu, import menggunakan command prompt menjadi salah satu alternatif yang bisa kita gunakan.

Garis besar caranya yaitu masuk ke applikasi mysql lewat command prompt, kemudian masuk ke database yang akan kita isi. Pastikan lokasi file .sql database yang akan kita import. Kemudian ketikkan perintah untuk import database dari lokasi yang sudah kita ketahui sebelumnya kedalam database yang kita tuju.

Masuk ke applikasi MySQL lewat command prompt.

Masuk ke database target

Import file sql ke dalam databse target

 

Atau bisa juga menggunakan perintah yang lebih compact

 

Mencoba vultr

Postingan ini adalah testing setelah pindah di server vultr.

Vultr adalah layanan cloud server seperti digitalocean. Saya pengen nyoba disini karena harganya relatif lebih murah dengan spesifikasi yang sama dengan digitalocean.

Impresi pertama sih gak menemukan perbedaan yang cukup signifikan dari sisi performa.

Nanti kita lihat bagaimana performanya selanjutnya.

 

Ganti Nomor HP BNI Harus ke Kantor Cabang

Saya searching – searching giamana caranya ganti nomer HP yang terkait dengan suatu account Bank. Nyari – nyari opsi yang paling mudah dan pengennya gak usah ke kantor cabang. Walaupun untuk ganti nomor sebelumnya saya ke kantor cabang Bank.

Nemu opsi di internet untuk ganti nomor bisa telpon ke 500045, call center nya BNI.

Setelah noba telpon, gak bisa ditelpon. Saya penasaran, bener gak nih, nomornya yang ini.

Lihat di buku tabungan, bener kok ini nomernya. Tapi kok gak bisa dihubungin ya. Coba pakai kode 021. Malah ada mesin yang jawab kalau gak pakai kode area.

Akhirnya buka web resmi-nya BNI dan ternyata call center nya adalah 1500046. Kurang ngka 1 dedepannya.

Setelah telpon ternyata tetep harus ke kantor cabang untuk ganti nomor.

Solusinya di internet memang bener sih bisa ganti nomor HP lewat telepon call center. Tapi ternyata itu hanya tahap pertama, setelah itu step selanjutnya yaitu tetep mendatangi kantor cabang.

Mendengar Langit

Kalau Peterpan pernah membuat lagu dengan judul Langit Tak Mendengar, kali ini kita yang akan mendengarkan langit. Kata orang kan jangan nyuruh orang lain mendengar kalau kita tidak bisa mendengar.

Gimana cara mendengarkan langit? Apa itu mendengar langit? Apa yang didengar?

Langit kita yang diatas kita ini ternyata tidak diam. Disana penuh hiruk pikuk suara langit.  Tapi telinga kita tidak bisa mendengar langsung.

Darimana sumber suaranya?

Dari sisa-sisa ledakan saat pembentukan alam semesta, dari bintang, dari matahari, dari planet jupiter, dll.

Bagaimana cara mendengarnya?

Dengan teleskop radio. Antena yang didesain khusus untuk menangkap sinyal radio alami.

Apakah kita orang umum bisa mendengarnya?

Bisa, kita semua yang punya tv pernah mendengarnya. Suara mendesis televisi ketika tidak bisa menangkap siaran atau frekuensi pemancar tv, disitulah kita sedang mendengar suara langit. Suara ini adalah dari sinyal radio yang dipancarkan dari sisa-sisa ledakan besar saat pembentukan alam semesta.

Apa yang didengar cuma mendesis begitu?

Kalau kita pelajari lebih detail dengan antena lebih spesifik, kita bisa menemukan pola dari sinyal radio tersebut. Pola ini bisa kita citrakan dalam sebuah gambar. Dari pola ini kita bisa pelajari lebih detail lagi tentang benda yang memancarkannya.

Buat apa dengerin begituan?

Buat pengetahuan kita supaya kita memahami lingkungan kita. Keuntungan kita memahami lingkungan, kita jadi lebih bisa beradaptasi dan tau bagaimana menempatkan diri di lingkungan. Misalnya, dari memahami hujan, kita bisa menciptakan payung, jas hujan, penutup atap mobil, atau kenangan masa lalu ketika melihat hujan dari jendela :D.

Berbeda lagi dengan mendengarkan matahari, planet, bintang, dll. Linkungannya akan berbeda juga.

Menarik ya mendengarkan langit…