Tag Archives: astronomy

Presentasi Menarik dari Dr. George Djorgovski: Big Data Science in the 21st Century: Lessons and Experiences from Astronomy

Ada presentasi menarik yang disampaikan oleh Dr. George Djorgovski dari Caltech tentang fenomena Big Data yang juga terjadi di Astronomi. Bagaimana tantangan yang dihadapi oleh astronom sekarang, terutama di negara maju yang memiliki fasilitas instrument yang lengkap. Dengan fasilitas instrument itu, data dengan cepat dan besar diproduksi secara massive sehingga kita menjadi kelimpungan menganalisis data yang datang begitu cepat dan besar tanpa sempat menganalisis data yang sudah ada.

Kalau dulu orang yang punya data bisa mengerjakan pekerjaan science, sekarang data begitu membludak dan sebagian besar tersedia secara gratis di internet. Karna banyaknya data tersebut, para ilmuan membagi data tersebut di internet agar orang juga bisa ikut membantu menganalisis. Banyak pekerjaan Tugas Akhir atau Skripsi mahasiswa Astronomi yang melakukan analisis terhadap data-data dari instrument luar yang memang sangat banyak sekali tersedia.

Yang menarik bagi saya adalah tentang fenomena membludaknya data ini dan perubahan paradigma pendekatan sains dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang ilmu dasar. Kalau dulu orang menjawab pertanyaan-pertanyaan sains dengan Experiment dan Theory, sekarang sudah muncul Pendekatan Komputasi atau simulasi, dan kemudian muncul lagi pendekatan Data atau Data Driven Paradigm (menurut presentasi ini). Pendekatan data ini secara garisĀ  besar ingin menemukan pengetahuan baru dari sekumpulan data yang tersedia atau dalam bahasa lain yaitu Knowledge Discovery on Data (KDD).

Berikut video secara lengkap Presentasi Dr. George Djorgovski

Mau posting gak jadi mulu…

Udah beberapa kali mau nulis sesuatu gak jadi jadi… Biasanya karna tulisan yang mau ditulis itu memerlukan referensi yang harus dibaca dulu. Kalau nulis macam gini kan asal nulis aja apa yang ada di kepala.

Ada beberapa topik yang akan aku tulis tapi tertunda mulu, sampai udah basi. Diantaranya adalah waktu tahun 2011 kan pertama kali saya naik pesawat, nah saya pingin nulis pengalaman naik pesawat pertama, dimana setelah naik pertama itu, saya langsung diminta atau ada pekerjaan yang mengharuskan naik pesawat sampai tiga kali bolak-balik dalam satu bulan, yaitu pas bulan ramadhan. Jaraknyapun lumayan jauh, sampai ke luar pulau dan itu pertama kali saya ke luar pulau. Tapi gak jadi ditulis, sebenarnya ini gak perlu referensi sih…

Kedua mau nulis tentang Astronomy and Climate Change. Nah, karna background study formal saya di astronomy dan sekarang bekerja di bidang Climate Change, jadi saya pengen nulis tentang tema ini. Sudah ada yang pernah nulis tentang ini dan di publish di media yang cukup terkenal, dan memang astronomy itu ya mempelajari alam semesta dalam sistem yang lebih luas dimana bumi, yang menjadi obyek kajian dalam climate change yang lagi hangat, adalah bagian dari sistem alam semesta itu sendiri. Ini juga belum rampung dan belum jadi ditulis, karena baca referensinya aja masih kurang.

Ketiga mau nulis apa ya… jadi lupa…